Minggu, 02 Januari 2011

TUGAS III - ETIKA PROFESI

Berikan contoh tindakan dari situasi benturan atau konflik kepentingan antara pegawai dan perusahaan, min 4 contoh dari 8 kategori situasi yang ada.

1. Segala kepentingan pribadi yang berhubungan dengan kepentingan perusahaan.

Cth : seorang karyawan diberikan uang untuk mengisi bahan bakar kendaraan operasional perusahaan dengan jumlah takaran bahan bakar yang telah ditetapkan, namun dia mengisi bahan bakar kurang dari takaran yang diharuskan, sehingga kelebihan uangnya digunakan untuk dirinya sendiri.

2. Segala hubungan bisnis atas nama perusahaan dengan personal yang masih ada hubungan keluarga, atau dengan perusahaan yang dikontrol oleh personel tersebut.

Cth : seorang direktur mempekerjakan anggota keluarganya di perusahaan yang dia pimpin tanpa melaui proses recruitment seperti karyawan lainnya.

3. Segala penjualan pada atau pembelian dari perusahaan yang menguntungkan pribadi.

Cth : seorang karyawan menjual produk milik perusahaan dengan harga lebih tinggi dari yang ditetapkan perusahaan kepada konsumen.

4. Segala penggunaan pribadi maupun berbagai atas informasi rahasia perusahaan demi suatu keuntungan pribadi, seperti anjuran untuk membeli atau menjual barang milik perusahaan atau produk, yang didasarkan atas informasi rahasia tersebut.

Cth : seorang karyawan memberitahukan rahasia sukses milik perusahaan kepada perusahaan lain yang merupakan perusahaan pesaing dengan memperoleh imbalan dari informasi yang diberikan.

5. Segala penerimaan dari keuntungan, dari seseorang / organisasi / pihak ketiga yang berhubungan dengan perusahaan.

Cth : adanya suatu kerjasama dengan pihak ketiga tanpa sepengetahuan perusahaan.

6. Segala aktivitas yang berkaitan dengan insider trading atas perusahaan yang telah go public yang merugikan pihak lain.

Cth: Seorang karyawan dalam memberikan informasi kepada manajer investainya tentang efek yang diperdagangkan yang dimana informasi tersebut tidak disediakan oleh emiten, dan orang dalam tersebut melakukan transaksi atas efek perusahaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar