Rabu, 30 Maret 2011

PERMASALAHAN TERBARU KRAKATAU STEEL

Permasalahan yang menghinggapi PT Krakatau Steel sepertinya makin hari makin memanas, apalagi permasalahan saham juga lagi rame diperbincangkan. Karena dirasa permasalahan ini sangat pelik tokoh nasional M Amien Rais dan sejumlah politisi Partai Amanat Nasional menuding Kementerian Badan Usaha Milik Negara telah berlaku tidak adil dalam menetapkan harga saham PT Krakatau Steel. Mereka menilai saham Krakatau yang dijual dengan harga Rp850 per saham sangatlah murah.

Krakatau Steel berncana akan melakukan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) sebanyak 3,1 miliar saham baru atau setara 20 persen dari modal disetor penuh perseroan. Saham yang ditawarkan ini bernominal Rp500.

Ketua Asosiasi Emiten Indonesia Airlangga Hartarto mengatakan, sesungguhnya penentuan mahal atau murah harga suatu saham dapat dengan membandingkan PE Ratio perusahaan sejenis. PE Ratio atau Price Earning Ratio (PER) adalah rasio harga saham terhadap laba bersih per saham perusahaan. “Jadi bukan harga sahamnya,” kata dia saat dihubungi VIVAnews, Senin 1 November 2010.

PT Krakatau Steel tercatat masuk dalam sektor industri dasar dan kimia. Di sektor ini, sudah ada beberapa perusahaan yang lebih senior melantai di bursa, yaitu PT Jaya Pari Steel Tbk dan PT Gunawan Dianjaya Steel Tbk. Meski secara ukuran dua perusahaan ini jauh lebih kecil, PE Ratio tetap bisa digunakan sebagai pembanding mahal atau murahnya suatu saham.

Bila PE Ratio-nya kecil, berarti harga saham itu masih murah. Demikian sebaliknya, semakin besar PE Ratio-nya, semakin mahal harga saham itu. Murah atau mahalnya suatu saham tidak bisa dilihat dari harga saham itu sendiri. Harga yang tinggi belum tentu mencerminkan kemahalan suatu saham.

Catatan perdagangan saham penutupan akhir pekan lalu, Jumat 29 Oktober, harga saham Jaya Pari Steel Rp810 dengan PE Ratio 7,8 kali. Sedangkan harga Gunawan Dianjaya Rp197 dengan PE Ratio 7,9 kali. Nah, bandingkan dengan Krakatau Steel yang PE Rationya 9,9 kali.

Direktur Utama PT Mandiri Sekuritas, penjamin emisi perusahaan Harry M Supoyo mengatakan bahwa PE Ratio Krakatau Steel masih lebih tinggi bila dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan sejenis. Bahkan, dibandingkan dengan perusahaan baja di kawasan regional, seperti Posco (Korea Selatan) dan Tata Steel (India), PE Ratio Krakatau juga masih tinggi.

“Rata-rata PE Ratio perusahaan baja saat ini di kisaran 8,7 – 8,8 kali untuk proyeksi laba 2011,” katanya.

Selama semester I-2010, pendapatan Krakatau naik menjadi Rp9 triliun dibandingkan periode yang sama 2009 yang hanya Rp7,8 triliun. Namun, laba bersih produsen plat baja canai dingin ini menurun menjadi Rp997,8 miliar dari sebelumnya Rp1,1 triliun.

Pesaingnya, Jaya Pari Steel adalah perusahaan nasional yang memproduksi plat baja canai panas dengan ketebalan 8 – 25 milimeter. Jaya Pari didirikan tahun 1973 dan memulai kegiatan operasionalnya pada 1976. Saat ini, total kapasitas produksi emiten dengan kode perdagangan JPRS mencapai 66.000 metrik ton plat per tahun.

Selama semester I-2010, pendapatan Jaya Pari naik hingga Rp237,03 miliar atau tumbuh 150,3 persen dibandingkan 2009 Rp94,6 miliar. Laba bersih juga meningkat signifikan dari minus Rp29,7 miliar menjadi Rp38,6 miliar, atau meningkat lebih dari 100 persen.

Sedangkan Gunawan Dianjaya adalah perusahaan yang didirikan pada 1989 dan bergerak dalam bisnis pelat baja, di mana sekitar 70 persen dari total penjualan merupakan ekspor dengan pembeli dari kontraktor galangan kapal, produsen alat berat, pedagangan baja internasional, dan perusahaan konstruksi.

Hingga semester I-2010, emiten berkode GDST berhasil membukukan laba bersih Rp119 miliar. Angka ini meningkat signifikan dibandingkan semester-I 2009 yang masih membukukan rugi Rp209 miliar. Penyebab positifnya kinerja perseroran adalah penjualan bersih yang tumbuh 7,57 persen menjadi Rp893 miliar dari posisi pertengahan tahun sebelumnya sebesar Rp830 miliar.

sumber : detik.com

1 komentar:

  1. Kepada Yth,
    Perusahaan Pemerintah BUMN & Swasta
    PT, LTD, TBK
    Up : Pimpinan / Finance Manager
    Perihal : Penawaran Penerbitan Bank Garansi & Asuransi Tanpa Agunan / Non Collateral

    Dengan Hormat,
    Perkenalkan kami dari PT. MEKARJATI JAYA LESTARI(Consultan Bank Gransi & Insurance) dimana perusahaan kami telah di tunjuk untuk memasarkan Bank Garansi & Surety Bond bahkan perusahaan kami telah di Back Up oleh Perusahaan Asuransi Kerugian Swasta Nasional Maupun BUMN. Bank Garansi & Surety Bond yang kami terbitkan diterima di instansi pemerintah, maupun Swasta, (BUMN, BUMD, KPS, PERTAMINA, CNOOC, MABES TNI, MABES POLRI, TOTAL E & P INDONESIA) Di sini kami memberikan procedure yang relative mudah yaitu Tanpa Agunan (Non Collateral) serta polis jaminan kami antar :

    Jenis Jaminan,
    1.Jaminan Penawaran / Bid ( Tender) Bond.
    2.Jaminan Pelaksanaan / Performance Bond.
    3.Jaminan Uang Muka/Advance.
    4.Jaminan Pemeliharaan / Maintenance Bond.
    5.Paymen Bond (Surety Bond)

    Salam
    muktyali
    Hp. 0812 89411452
    Email: muktyali19@gmail.com
    PT.MEKARJATI JAYA LESTARI
    (Konsultan Bank Garansi & Surety Bond)
    Tlp : 021 29833066 / Fax : 021 29833067
    Pemasaran :
    Jl. H Ten N0.8 Kec.Kayu Putih Kel.Pulogadung Jakarta Timur 13210
    Area lampiran

    BalasHapus